ANTARA

  • Beranda
  • Berita
  • Polda Sulbar memberangkatkan 100 personel Brimob bantu pengamanan PON

Polda Sulbar memberangkatkan 100 personel Brimob bantu pengamanan PON

27 September 2021 14:22 WIB
Polda Sulbar memberangkatkan 100 personel Brimob bantu pengamanan PON
Kapolda Sulbar Irjen Polisi Eko Budi Sampurno (kiri) saat mengecek kesiapan personel Brimob Polda Sulbar yang akan diberangkatkan ke Papua membantu pengamanan PON XX, Senin (27//9/2021). ANTARA/HO/Humas Polda Sulbar
Mamuju (ANTARA) - Sebanyak 100 personel Brimob Polda Sulawesi Barat (Sulbar) diberangkatkan ke Papua untuk membantu pengamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Pelepasan 100 personel Brimob untuk membantu pengamanan pelaksanaan PON XX di Papua tersebut berlangsung di Bandar Udara Tampa Padang Kabupaten Mamuju, Senin.

Pelepasan para persoeil Brimob tersebut ditandai dengan apel pemberangkatan yang dipimpin Kapolda Sulbar Inspektur Jenderal Polisi Eko Budi Sampurno.

Tangis haru dari keluarga terlihat mengiringi keberangkatan para personel yang ditugaskan untuk memberi rasa aman terhadap atlet yang akan bertanding serta menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat Papua yang terganggu akibat adanya aksi teror yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Dalam pelaksanaan tugasnya melakukan pengamanan PON di Papua, personel Brimob Polda Sulbar dibagi menjadi dua satgas, satu regu satgas melakukan pengamanan dan pengawalan (pamwal) dan satu regu satgas kompi antianarkis," kata Eko Budi Sampurno.

Kapolda menegaskan, negara hadir dan negara tidak boleh kalah oleh kelompok yang ingin mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Karena itu, Kapolda meminta agar personel yang ditugaskan harus mampu bertindak sesuai SOP, tegas, jujur, adil, dan menyiapkan teknis cara bertindak taktis sesuai dengan lingkungan dan keadaan sekitar serta menghindari adanya keberpihakan dalam menyelesaikan setiap permasalahan.

Ia juga berpesan agar seluruh personel dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

"Jaga kekompakan, koordinasi serta sinergitas dengan pihak terkait khususnya dengan sesama personel Polri, TNI, pemerintah setempat dan seluruh 'stakeholder'', sehingga keberhasilan tugas dapat tercapai," katanya pula.

"Kalian adalah pasukan kebanggaan yang dimiliki Polda Sulbar dan Polri pada umumnya. Jaga kekompakan, laksanakan tugas dengan baik dan saya berharap kembali utuh tidak kurang satu orang pun," kata Eko Budi Sampurno.

Sebelumnya, Ketua Kontingen PON Sulbar Muhammad Hamzih mengatakan, Sulbar memberangkatkan 51 orang ke Papua yang terdiri dari atlet, pelatih, dan ofisial, terrmasuk 100 personel Brimob Polda Sulbar yang akan mengawal kontingen Sulbar di ajang PON XX di Papua.

"Selain 51 orang yang terdiri dari atlet, pelatih serta manajer, kontingen Sulbar juga akan dikawal 100 personel Brimob," kata Muhammad Hamzih yang juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulbar.

Pada PON XX di Papua, kontingen Sulbar akan mengikuti delapan cabang olahraga, yakni, catur, sepak takraw, renang, balap motor, panjat tebing, atletik, muay thai serta dayung.
Baca juga: Polda Sumsel kirim 100 personel Brimob pengamanan PON Papua
Baca juga: TNI jamin keamanan jelang acara pembukaan PON Papua

Pewarta: Amirullah
Editor: Budisantoso Budiman
Sumber: ANTARA

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).