RRI

Cricket Sumbang Emas Pertama Bali di PON

26 September 2021 18:40 WIB
Cricket Sumbang Emas Pertama Bali di PON

KBRN, Denpasar: Patriot olahraga Bali telah memulai perjuangan di arena Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, yang dipertandingkan pada tahun 2021.

Hasil manis pun berhasil ditorehkan cabang olahraga cricket yang mampu mempersembahkan medali emas pertama untuk Kontingen Cricket Putra Pulau Dewata.

Tak hanya medali emas, namun dari Tim Cricket Putri juga mempersembahkan medali perak untu Bali di hari yang sama.

Bertempat di Lapangan Doyo Baru Kabupaten Jayapura Papua, Tim Cricket Putra Bali yang turun di nomor super sixes berhasil menaklukkan tim tuan rumah Papua dengan skor 76-63.

Sementara tim putri yang juga berhadapan dengan tuan rumah harus legowo kalah tipis 44-45.

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI Bali I Nyoman Yamadhiputra, mengatakan, hasil 1 emas, dan 1 perak tersebut menjadi awal yang baik bagi Kontingen Pulau Dewata mengawali perjuangan di arena PON.

“Ini luar biasa, permulaan yang bagus, awal yang baik bagi Bali. Hasil ini menyebabkan Bali kini bercokol di papan atas. Ada dua emas yang diperebutkan dan Bali mengambil satu. Perjuangan mereka luar biasa, ini yang patut kita apresiasi, atlet-atlet kita berjuang maksimal," sebut Nyoman Yamadhiputra kepada RRI.co.id di Jayapura, Minggu (26/9/2021).

Sementara itu Pelatih Cricket Putra Bali, Kadek Urip Astawa mengatakan, perjuangan atlet  memperoleh medali emas tersebut  tidak mudah, bahkan sempat terjadi skor sama atau draw dengan tuan rumah.

“Senang, bangga, sedikit tegang juga, itu campur aduk rasanya. Untuk merebut emas ini menegangkan, karena sempat draw juga, tapi bersyukur Bali bisa menang," tuturnya.

Sang Kapten Tim Putra, Ketut Arya Pastika pada kesempatan sama mengucap syukur atas hasil gemilang yang diraih tim Bali.

Meski supporter tuan rumah lebih banyak, namun hal tersebut tak lantas menjatuhkan mental, yang memang sejak awal hanya fokus menjalankan strategi yang telah disusun.

“Sebanyak apapun dukungan tuan rumah, kita tidak pedulikan itu. Kita hanya fokus dengan strategi yang sudah kita rencanakan. Astungkara apa yang sudah kami planning itu berjalan lancar. Jadi walau supporter mereka lumayan berisik, tetap kita jalankan strategi kita”, jelasnya.

Ketut Arya Pastika mengatakan, pasca laga melelahkan ini, kini timnya fokus untuk menatap laga selanjutnya di nomor super eight dan super twenty.

Dua nomor tersebut juga memiliki peluang lebar untuk tim Bali agar mampu sapu bersih 3 medali emas kategori putra. (Miechell Octovy Koagouw)

Pewarta: Ni Putu Nirawati
Editor: Nugroho
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).