RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Simak Porsi Tema Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024

Simak Porsi Tema Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024

7 Desember 2023 11:40 WIB
Simak Porsi Tema Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024
Tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) masing-masing Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mengikuti Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 di Kantor Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Senin, (27/11/2023). (Foto: rri.co.id/Chaarly Lopulua)

KBRN, Jakarta: Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari membeberkan, porsi tema debat yang diperdebatkan oleh tiga paslon capres-cawapres Pilpres 2024. Proporsi debat dilakukan sebanyak lima kali, terdiri tiga kali debat capres dan dua kali cawapres.

"Topik debat atau tema debat pertama, menjadi porsinya capres berdebat, temanya meliputi pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi. Kemudian, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga," kata Hasyim dalam keterangan persnya, Rabu (6/12/2023).

Pada debat kedua, ia mengatakan, merupakan porsi untuk cawapres. Temanya yang diperdebatkan para cawapres itu, seputaran isu ekonomi, APBN, dan APBD.

"Debat kedua yang menjadi porsinya cawapres untuk berdebat temanya adalah ekonomi, baik itu ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan. Lalu, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN, APBD, infrastruktur dan perkotaan," ucapnya.

Salam debat ketiga, ia menuturkan, merupakan jatah untuk capres. Tema debat ketiga ini, memperdebatkan persoalan pertahanan, keamanan hingga geopolitik.

"Debat ketiga yang menjadi porsinya debat capres. Temanya adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik," ujarnya.

Selanjutnya, debat keempat merupakan debat untuk cawapres dengan tema sumber daya alam (SDA) hingga lingkungan hidup. "Debat keempat, porsinya cawapres, temanya pembangunan berkelanjutan, SDA, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa," katanya.

Debat kelima atau terakhir, dirinya menegaskan, porsi untuk capres dengan tema kesejahteraan sosial. "Topik terakhir, tema debat terakhir kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia dan juga inklusi," ucapnya.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Mosita
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).