TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Perwakilan Timses 3 Paslon Rapat Koordinasi Tertutup dengan KPU, Bahas Format Debat Pilpres

Perwakilan Timses 3 Paslon Rapat Koordinasi Tertutup dengan KPU, Bahas Format Debat Pilpres

6 Desember 2023 19:20 WIB
Perwakilan Timses 3 Paslon Rapat Koordinasi Tertutup dengan KPU, Bahas Format Debat Pilpres
Perwakilan Timses 3 Paslon Rapat Koordinasi Tertutup dengan KPU, Bahas Format Debat Pilpres

TVRINews, Jakarta 

Para perwakilan dari tim kampanye ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres dan cawapres) telah menghadiri rapat koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 6 Desember 2023.

Rencananya, dalam rapat koordinasi tersebut akan dibahas mengenai debat calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) yang akan diselenggarakan sebanyak lima kali.

Berdasarkan pantauan, Tim Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) yang menjadi perwakilan, yaitu Nihayatul Wafiroh sebagai Co-Kapten dan Zuhad Aji sebagai Direktur Eksekutif.

Kemudian, perwakilan dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, yaitu Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran yang terdiri dari Burhanuddin Abdullah dan Ferry Latuhihin, turut hadir dalam acara tersebut.

Selanjutnya, perwakilan dari Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. 

Di antaranya Wakil Sekretaris TPN Hotasi Nababan, Direktur Muda Politik 5.0 TPN Reyhan Noor, serta beberapa anggota lainnya seperti Andrianto S, Candra, dan Lisa Elfina.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengumumkan bahwa terdapat lima poin yang akan dibahas dalam debat calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres).

"Ada lima hal yang perlu kita bahas ini nanti kan gambaran dari KPU mohon nanti kita tanggapi bersama-sama kita bersama-sama supaya kita mendapatkan solusi," kata Hasyim dalam sambutannya di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu, 6 Desember 2023.

Dalam rapat tersebut, terdapat beberapa poin yang akan dibahas dalam debat capres-cawapres, di antaranya adalah format debat, tema yang akan diangkat, panelis yang akan hadir, serta moderator yang akan memimpin debat.

Setelah Hasyim selesai menyampaikan sambutannya, rapat tersebut dilaksanakan secara tertutup, dimulai pada pukul 15.00 WIB. 

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan bahwa debat capres-cawapres dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan diadakan sebanyak lima kali.

Namun, berbeda dengan proses Pilpres sebelumnya, KPU telah memutuskan bahwa debat capres dan cawapres tidak akan digelar secara terpisah, melainkan akan dilaksanakan dalam lima kesempatan yang sama.

Seluruh pasangan calon akan menghadiri semua debat yang diselenggarakan. 

Meskipun demikian, akan tetap ada pembagian proporsi dalam lima gelaran debat yang diadakan. 

Dari lima debat yang akan digelar, tiga di antaranya merupakan debat kandidat presiden sedangkan dua lainnya adalah debat kandidat wakil presiden.

Pewarta: Ridho Dwi Putranto
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).