RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Kemendagri Sebut Proses Tahapan Penyelenggaraan Pemilu Sangat Krusial

Kemendagri Sebut Proses Tahapan Penyelenggaraan Pemilu Sangat Krusial

21 Agustus 2023 12:30 WIB
Kemendagri Sebut Proses Tahapan Penyelenggaraan Pemilu Sangat Krusial
Infografis tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024 oleh KPU RI. (Foto: Humas KPU)


KBRN, Jakarta: Plh Direktur Politik Dalam Negeri Kemendagri Rahman Santoso mengatakan, seluruh proses tahapan penyelenggara Pemilu 2024 sangat krusial. Rahman pun mengapresiasi KPU yang telah menetapkan Daftar Caleg Sementara (DCS)  DPR, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

"Seluruh tahapan pemilu sangat krusial, tidak hanya memantau proses pemilihan atau pemungutan suaranya saja. Inti dari sebuah pemilu adalah partisipasi, partisipasi menjadi poin penting dalam sebuah pemilu," kata Rahman saat berbincang dengan PRO3 RRI, Senin (21/8/2023).

Rahman mengimbau, masyarakat mencermati DCS yang telah disajikan oleh KPU disemua tingkatan. Ia meyebut, partisipasi masyarakat sangat berperan andil dalam mewujudkan calon-calon pemimpin bangsa terbaik ke depannya.

"Tanpa adanya partisipasi, pemilu adalah sebuah omong kosong belaka, kami mengapresiasi tanggal 19 kemarin sudah ditetapkan DCS. Seluruh rakyat Indonesia kemudian mencermati DCS yang sudah di sampaikan atuupun diumumkan oleh KPU," ucap Rahman.

Selama masa tanggapan masyarakat terhadap DCS, Rahman menuturkan, nantinya partai politik (parpol) yang bersangkutan diberikan kesempatan untuk klarifikasi. Terlebih, partisipasi masyarakat secara aktif untuk mendalami apakah calon sudah memenuhi syarat atau belum.

"Selama 10 hari sampai 28 Agustus, dalam PKPU Nomor 10 Tahun 2023 tentang Tahapan. setelah tahapan masukan-masukan masyarakat ini, parpol maupun caleg bersangkutan berhak untuk melakukan klarifikasi," ujar Rahman.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Tegar
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).