RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Kemendagri Minta Daftar Calon Sementara Diumumkan secara Detail

Kemendagri Minta Daftar Calon Sementara Diumumkan secara Detail

21 Agustus 2023 13:28 WIB
Kemendagri Minta Daftar Calon Sementara Diumumkan secara Detail
Masyarakat yang sedang menggunakan hak pilihnya di bilik suara (Foto: Dokumentasi/Antara/Darwin Fatir)

KBRN, Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta Komisi Pemilihan Umum mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) Pemilu Legislatif (Pileg) secara detail. Plh Direktur Politik Dalam Negeri Kemendagri Rahman Santoso meminta itu, menyusul keluhan masyarakat terkait keterbatasan akses informasi DCS. 

Masyarakat banyak mengeluhkan kesulitan mencari informasi detail terkait profil para Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) Pemilu 2024. "Kami berharap, setelah (pengumuman) DCS, KPU harus mengumumkan ini (secara detail)," kata Rahman kepada Pro3 RRI, Senin (21/8/2023).

Rahman berkeyakinan, informasi seputar profil Bacaleg pada Pemilu 2024 dapat ditemukan oleh masyarakat. Masyarakat diyakininya dapat mengakses profil lengkap Bacaleg melalui mesin pencarian di internet, tanpa harus menunggu informasi lengkap dari KPU.

"Sangat bisa membanjiri kita tergantung bagaimana kita bisa menanyakan (mencarinya). Dari internet, dari teman, dan sebagainya," ujar Rahman.

Ia berpandangan, zaman serba digital saat ini sangat mudah mendapatkan informasi apapun. Terlebih, dengan kehadiran media sosial (medsos). 

"Bagaimana kemudian kita mengangkat keinginan ini kepada masyarakat. Supaya masyarakat aktif untuk terus mencari informasi-informasi yang dibutuhkan untuk-untuk saat ini," ucap Rahman.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).