RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Pemkot Jakpus Siapkan Faskes Jiwa Bagi Peserta Pemilu

Pemkot Jakpus Siapkan Faskes Jiwa Bagi Peserta Pemilu

26 Januari 2024 12:20 WIB
Pemkot Jakpus Siapkan Faskes Jiwa Bagi Peserta Pemilu
Rumah sakit jiwa di Jakarta. (Foto: Dok Humas Pemprov DKI Jakarta)

KBRN, Jakarta: Sejumlah fasilitas dan layanan kesehatan (faskes) jiwa akan disediakan di rumah sakit Jakarta Pusat bagi peserta Pemilu 2024 yang mengalami kegagalan. Hal ini disampaikan, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat, Rismasari. 

“Kami sudah siapkan antisipasi dari fasilitas atau layanan di bawah Sudin Kesehatan Jakarta Pusat. Seluruh ya sudah disiapkan di puskesmas dan Rumah Sakit,” kata Rismasari saat dikonfirmasi, Jumat (26/1/2024). 

Lebih lanjut, Rismasari mengatakan hal tersebut dilakukan sebagai upaya antisipasi bagi para peserta pemilu yang gagal menjadi Caleg. Jika ada kasus tersebut maka Kegawatdaruratan yang berfokus pada kesehatan jiwa sudah tersedia di puskesmas wilayah Jakarta Pusat. 

“Jika ada kasus khusus karena perlu dilakukan rawat inap maka akan dirujuk ke rumah sakit. Harapan tinggi yang tidak terpenuhi menjadi faktor penyebab peserta pemilu mengalami stres saat kalah,” ucapnya. 

Hal yang perlu disadari, kata Risma, yakni pemilu merupakan kontestasi yang pastinya ada menang dan kalah. Konsekuensi tersebut sudah seharusnya ditanamkan sejak awal oleh setiap peserta pemilu.

"Kalau dari pengalaman pemilu sebelumnya, di wilayah Jakarta Pusat belum pernah ditemukan atau belum ada laporan. Kami berharap, seluruh caleg, tim sukses (timses) Pemilu 2024, ataupun peserta pemilu lainnya bahkan pendukung pun harus bisa melaksanakan proses pemilihan dengan bijak,” ucapnya.

Pewarta: Aditya Prabowo
Editor: Mosita
Sumber: RRI

Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).